Cara Unik Mengurangi Kepadatan Penduduk Indonesia

Ini adalah suatu kisah yang terjadi di ruang kelas saya.

Pada waktu itu pelajaran geografi sedang berlangsung. Materi yang sedang dibahas adalah tentang permasalahan kependudukan dan penanggulangannya. Dan seperti biasa, saat sang guru sudah selesai menerangkan, sang guru akan memberikan beberapa pertanyaan (dan hal ini adalah keadaan yang paling membuat deg-degan).

“Coba kalian sebutkan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi kepadatan penduduk Indonesia!”, kata sang guru. Untuk sejenak kelas menjadi hening. Lalu ada seorang siswa yang menjawab, “Keluarga Berencana, Bu”. “Ya, benar, yang lain?”. “Transmigrasi, Bu”, tambah seorang siswa lagi. “Ya, benar, ada yang mau nambah lagi?” kata sang guru kembali. Suasana menjadi hening kembali.

Di tengah-tengah keheningan itu tiba-tiba saja ada seorang siswa yang nyeletuk, “Gas Elpiji, Bu”. Karena mendengar jawaban itu, seluruh kelas pun tertawa (termasuk saya sendiri), bahkan sang guru juga ikut tertawa. Dan bel pun berbunyi, maka jam pelajaran kali ini berakhir.

***

Hmmm, mungkin jawaban teman saya tadi ada benarnya juga ya. Hampir setiap hari terjadi ledakan gas elpiji. Dan tentunya itu memakan banyak korban, bahkan korban jiwa.

Dan ini pemikiran yang lebih berani lagi: Jangan-jangan gas elpiji memang upaya pemerintah untuk mengurangi kepadatan penduduk Indonesia?

Hmmm, tidak mungkinlah…

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s