Harga Segenggam Cinta

il_340x270.300814793
Ilustrasi dipinjam dari sini.

Tulisan ini akan menjelaskan cinta secara agak kebablasan dan absurd. Jangan lanjutkan jika Anda sedang mencari syair cinta yang mendamaikan hati. Anda tidak akan menemukan hal itu di sini.

***

Berapakah harga cabai merah keriting? Harga sepeda motor merek X baru? Harga sebuah boneka beruang?

Tidak ada yang aneh dengan pertanyaan di atas. Kita biasa mengukur nilai tukar suatu barang atau jasa dengan besaran harga. Namun, ada hal-hal yang tak lazim dinyatakan dalam besaran harga, misalnya, pernahkah kita bertanya berapakah harga segenggam cinta?

Apakah bisa pertanyaan ini dijawab? Mungkin saja.

Ekonomika pada dasarnya adalah ilmu tentang pilihan (study of choice). Padahal, kita tahu bahwa hidup selalu berisi pilihan, dalam segala hal. Maka, semua hal dalam hidup sebenarnya bisa ditelaah dari sudut pandang ekonomika.

Mari kita asumsikan bahwa manusia (dalam hal ini, homo economicus) bertindak secara rasional. Setiap memutuskan pilihan ia selalu mempertimbangkan manfaat yang ia akan dapatkan serta pengorbanan yang harus ia lakukan. Ia senantiasa akan memilih tindakan yang mendatangkan manfaat terbaik dengan melakukan pengorbanan tertentu, atau, memilih tindakan yang mendatangkan manfaat tertentu dengan melakukan pengorbanan paling sedikit.

Satu hal lagi yang perlu dipahami. Manusia adalah makhluk yang memiliki keterbatasan. Dari sekian banyak pilihan yang dihadapinya, ia akhirnya hanya dapat memilih satu. Itulah tindakan yang dilakukannya. Setiap pilihan tentunya memiliki manfaat masing-masing. Nah, manfaat paling baik yang mungkin timbul dari pilihan yang tidak jadi ia pilih adalah sebuah konsep penting yang dikenal sebagai opportunity cost.

Setelah mengatahui hal-hal tersebut, mari kita kembali ke pertanyaan awal. Berapakah harga segenggam cinta? Ada hal yang tidak beres di sini. Istilah ini terlalu abstrak untuk dapat dianalisis secara ekonomi.Kita perlu definisi yang lebih nyata.  Mari – sebagai permisalan – kita anggap bahwa segenggam cinta adalah banyaknya rasa cinta yang dapat membuat seseorang mendedikasikan waktunya selama satu jam untuk pihak yang ia cintai. Nah, begini lebih baik. Anda dapat membuat definisi lain asalkan jelas dan terukur.

Sekarang, andaikan kita memiliki sebuah kasus. X adalah seorang perempuan yang jatuh cinta kepada seorang laki-laki Y. Akibat segenggam cinta, ia selama satu jam hanya melamun memikirkan Y. Padahal jika melakukan hal lain, katakanlah bekerja, ia bisa mendapatkan Rp30.000,00 selama satu jam, dan ini adalah kemungkinan terbaiknya. Maka, Rp30.000,00 adalah manfaat yang ia korbankan: opportunity cost.

Selanjutnya, kita harus ingat asumsi awal bahwa manusia bertindak rasional. Dengan pengorbanan berupa hilangnya waktu 1 jam, tentulah X telah melakukan tindakan yang baginya paling bermanfaat. Segenggam cintanya pada Y pasti lebih berharga dari opportunity cost yang tidak ia pilih, yakni Rp30.000,00. Maka, dengan penalaran sederhana, kita bisa menyimpulkan bahwa segenggam cinta X setidaknya berharga Rp30.000,00.

***

Sekarang saya bisa bertanya, berapakah harga segenggam cinta Anda?

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s