Topeng

Kebenaran hanya ada di langit dan dunia hanyalah kepalsuan. Lebih baik diasingkan daripada menyerah kepada kemunafikan.

Itu adalah teriakan Gie yang terekam dalam buku hariannya.

Sebegitu burukkah manusia? Pada beberapa hal, dan seringnya, saya beranggapan demikian. Saya tahu, dunia bukanlah tempat hidup yang nyaman bagi makhluk-makhluk idealis.

Saya pernah hidup dalam sebuah dunia nyaris ideal pada salah satu babak kehidupan saya. Pada awalnya saya takjub. Saya menjadi bagian darinya, dan sepertinya begitu pula dengan orang-orang lain yang bersama saya. Saya menghayatinya, membawa dunia ideal itu kemanapun, untuk akhirnya menjatuhkan saya pada kekecewaan.

Saya melihatnya. Bagaimana orang-orang itu melepas topengnya. Sebagian dengan agak khawatir, sebagian lagi justru dengan rasa bangga. Dunia ideal itu ternyata banyak dibangun di atas kumpulan makhluk bertopeng. Bukan topeng harimau atau topeng siluman ular yang menakutkan, tapi topeng dewi bulan yang berparas indah.

Apakah semuanya semu? Termasuk harapan-harapan saya itu?

Kalau semua ini sekedar imaji, kapankah orang-orang ini akan terjaga dari tidur panjangnya?

Mereka tersenyum dan tertawa, saling menyapa, dengan topeng-topeng yang indah itu. Saya tak dapat membedakan, mana dari topeng itu yang mereka beli, mana yang mereka buat sendiri. Satu hal yang saya sadari. Di balik topeng harimau kadang ada wajah asli seorang bocah lugu. Sebaliknya, topeng kesatria tak jarang menyembunyikan muka serigala.

Saya sendiri tak pernah menyangkal bahwa saya telah mengukir topeng yang indah buat saya pakai kemana-mana. Topeng yang saya impikan jadi wajah saya sebenarnya. Di balik topeng, saya tak bermuka, karena bagi saya kata-kata be yourself itu seringnya hanya sekedar bualan untuk menenangkan diri kita.

Krisis identitas katamu?

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

