Heterokromia Sektoral

Heterokromia adalah kelainan di mana warna iris mata berbeda antara kanan dan kiri. Jika perbedaan itu muncul hanya pada salah satu iris, istilah yang digunakan adalah heterokromia parsial. Heterokromia parsial ini pula terbagi menjadi dua: heterokromia sentral jika perbedaan warna terjadi di pusat iris mengelilingi pupil, serta heterokromia sektoral jika perbedaan warna ini terjadi pada sebagian sektor iris.

Kenapa saya menulis ini? Karena ternyata mata saya belang sebelah:

IMG_20141206_190557 (2)

Iris mata kanan saya seluruhnya cokelat, sementara pada mata kiri, sebagian hitam dan sebagian cokelat. Artinya, saya punya heterokromia sektoral. Perbedaan ini memang sulit dikenali jika tidak diperhatikan dengan seksama (karena selama ini juga tidak ada orang yang kurang kerjaan menatap iris mata saya). Lagipula perbedaannya tidak mencolok. Lain jika kasusnya seperti ini:

partial2bheterochromia

Beberapa survei yang pernah saya baca melaporkan bahwa kasus heterokromia hanya ditemui pada sekitar 0.7% populasi. Mungkin untuk kasus spesifik heterokromia sektoral angkanya lebih kecil lagi.

Kesimpulannya, saya memang tidak normal, hahaha.

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

