Zzz

Semester ini merupakan semester yang cukup berat bagi saya, sebab banyak sekali hal-hal yang harus saya kerjakan. Tugas kuliah, tugas-tugas di kepanitiaan, organisasi, kerjaan ini itu, bla bla bla lalala yeyeye.

Dampaknya adalah, jam tidur berkurang signifikan. Saya yang sebenarnya adalah tukang tidur di mana biasanya akumulasi waktu tidur mencapai 8 – 9 jam kini harus puas dengan 4-5 jam sehari semalam. Awalnya memang luar biasa berat, sampai sekarang pun masih terasa cukup berat. Bahkan, beberapa hari yang lalu saya hampir menabrak trotoar gara-gara saya tertidur saat sedang mengendarai motor (ini juga serius).

Hal yang selalu memotivasi saya agar tidak mengeluh dengan jam tidur seperti ini salah satunya adalah cerita pribadi dosen saya. Seorang wanita berusia 70 tahun yang bisa dibilang sangat senior di fakultas saya dan kata beliau sendiri tiap hari hanya tidur 4 jam! Meski begitu, beliau masih sangat bugar dan cemerlang. Lalu, ada pula dosen lain yang memberikan 3 tips agar kita mampu memanfaatkan waktu dengan baik : 1) kurangi tidur 2) kurangi tidur 3) kurangi tidur.

Ada yang harus berkurang juga akibat berkurangnya jam tidur saya : frekuensi bermimpi. Saya adalah penikmat mimpi (kecuali mimpi buruk, tentu saja), sedangkan, mimpi hanya muncul ketika tidur mencapai fase REM (Rapid Eye Movement). Fase REM pertama biasanya muncul satu jam lebih setelah tidur, lalu berulang sekitar tiap satu setengah jam berikutnya. Fase REM sendiri biasanya semakin intens ketika mendekati pagi hari (ini berdasarkan pengalaman saya). Jadi, 4 jam tidur mungkin hanya cukup untuk 2 – 3 fase bermimpi. Yah, minimal tidurnya ada hiburannya lah.

Nah, tulisan ini kelihatannya makin tidak terarah. Artinya saya sudah mengantuk. Saya mau tidur dulu. Zzz

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s