Tentang Sistem Penilaian Distribusi Normal

Mungkin ada yang belum paham sistem penilaian dsitribusi normal, saya akan jelaskan sekilas : sebagai contoh, 10% mahasiswa dengan nilai terbaik akan mendapat A, 40% selanjutnya mendapat nilai B, 40% selanjutnya C, dan 10% terbawah mendapat D. Dalam sistem penilaian seperti ini, meski skor absolut kita 80, namun jika rata-rata kelas mendapat 85, bisa jadi kita harus puas dengan C yang tertulis indah di transkrip nilai.

Sistem penilaian seperti ini menurut saya termasuk dalam zero sum game, sebab, keuntungan satu pihak harus dikompensasi dengan kerugian pihak lain. Konsekuensinya, sistem seperti ini akan memberikan insentif sekaligus disinsentif bagi pesertanya. Mengapa? Ada dua cara untuk mendapat nilai bagus dalam sistem seperti ini: (1) belajar dengan sungguh-sungguh agar mendapat nilai baik relatif dibanding teman-teman kita, atau (2) membuat teman-teman kita nilainya relatif lebih buruk dari kita (dengan meracuni teman-teman yang lain misalnya :D). Baik, mungkin cara yang kedua terlalu ekstrim dan tidak sportif. Namun, dengan sistem ini minimal kita akan mendapat disinsentif untuk belajar bersama dengan teman-teman yang lain karena itu artinya kita bunuh diri. Kalaupun kita ikut belajar bersama, kita juga akan mendapat disinsentif untuk membagikan pengetahuan yang kita miliki. Serap semua ilmu baru yang dimiliki teman-teman, sembunyikan yang kita ketahui!

Seberapapun berat passing gradenya, saya pribadi lebih menyukai sistem penilaian absolut (misalnya, mahasiswa dengan skor minimal 90 dari 100 akan mendapat A). Sebab, dalam sistem ini tidak ada pihak yang dirugikan dari tindakan (atau hasil) pihak lain. Saling berbagi ilmu dan belajar bersama sama sekali tidak menimbulkan kemungkinan turunnya nilai kita.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s