(wrong) conclusion

A : Duh, Mas, kacau !
B : Kenapa, Dek?
A : Aku selama ini salah ambil kesimpulan.
B : Nah. Baru tahu rasa kan kamu.
A : Ya gimana lagi.
B : Kan Mas udah bilang, kamu jangan berteori sebelum data kamu cukup. Apalagi kamu ini terlalu subjektif. Katanya kamu mau jadi ekonom? Kalau seperti ini aja kamu salah, gimana kamu mau meneliti hal-hal yang lebih penting?
A : Tapi kan Mas,..
B : Tapi apa?
A : Keynes aja pernah bilang : “When the facts change, I change my mind”. Ekonom sebesar Keynes aja plin-plan kan mas?
B : Itu bukan plin-plan, Dek. Plin-plan itu kalau faktanya sama tapi kamu berubah-ubah pikiran.
A : Terserah lah Mas.
B : Lho kok terserah, piye sih? Gini Dek, aku bilangin lagi ya. Satu, kamu jangan terburu-buru ambil kesimpulan. Perhatikan fakta secara lebih hati-hati. Dua, jangan cherry picking. Kamu tahu kan maksudnya apa. Jangan cuma ambil fakta yang kamu anggap mendukung anggapan awal kamu. Ilmuwan harus jujur dan objektif, Dek. Kamu suka baca Sherlock Holmes kan? Dia pernah bilang “It is a capital mistake to theorize before one has data. Insensibly one begins to twist facts to suit theories, instead of theories to suit facts”. Kebaperan kamu itu yang sebenarnya menyebabkan kamu jadi gegabah dan terlalu dini mengambil kesimpulan.
A : Hmmm, oke lah Mas. Terus sekarang aku harus gimana?
B : Kan kamu pernah bilang sendiri, semua yang berlalu biarkanlah berlalu. Kamu sendiri lho yang bilang. Nah, biar kamu nggak omdo, kamu lakukan itu juga.
A : Sip lah Mas. Kalau gitu aku pamit dulu.
B : Lho, mau ke mana?
A : Mau pulang.
B : Pulang ke mana, Dek? Kita ini kan cuma konstruksi imajiner yang ada di kepalanya orang yang nulis ini.
A : …

***

Yah, setidaknya ini bisa jadi pelajaran buat saya.

 

Advertisements

Leave a comment

29 September 2016 · 5:11 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s