Lingkaran kecil

Setiap orang punya lingkaran kecil : kumpulan orang-orang yang berpengaruh terhadap dirimu dan menjadi pusat perhatianmu. Lingkaran ini tidak terbatas pada orang-orang yang benar-benar berinteraksi secara fisik denganmu, apalagi di zaman sekarang. Seiring berjalannya waktu, bagian dari lingkaran kecil mungkin saja hilang atau berganti. Bagian lingkaran yang dahulu lepas bisa jadi bergabung kembali karena suatu hal.

Lingkaran kecil begitu penting bagimu, karena tanpa lingkaran ini engkau akan menjadi seperti bola yang melayang-layang di angkasa tanpa memiliki tambatan objek yang harus kau kitari. Lingkaran kecil memberi arah dan membentuk perilakumu, bahkan memberikanmu makna dalam melakukan sesuatu. Pemahaman atas tindakanmu yang seolah acak dan aneh dapat dimengerti dengan mengenal lingkaran ini.

Bagian dari lingkaran kecilmu bisa jadi saling lepas terhadap dirimu, yaitu ketika ia tidak menjadikanmu sebagai lingkaran kecilnya. Ketika kamu sama sekali tidak menjadi lingkaran kecil bagi seorangpun, patut ditanya apakah kau perlu sedikit hiburan.

Engkau kadang merasa terganggu ketika dirimu dijadikan lingkaran kecil secara berlebihan oleh orang lain, sementara kamu sendiri tidak ingin menjadikannya sebagai bagian dari lingkaran kecilmu. Inilah peristiwa yang membuat dunia menjadi penuh dengan air mata yang menurutku seharusnya tak perlu diteteskan.

Sebaliknya, ketika engkau dan orang lain saling menjadi lingkaran kecil satu sama lain, seketika terasa bahwa lingkaran kecilmu hanya dibentuk olehnya.

Dalam lautan lingkaran kecil yang terus-menerus lepas dan berkait ini, kadang kau perlu sesekali bertanya : apakah yang ada di luar lingkaran kecilmu ?

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s