Kesalahan Penggambaran Binokuler di Film

Dalam film, ketika ada adegan penggunaan binokuler (keker; dari bahasa Belanda “kijker“) dan sudut pandang film diubah ke si pengguna binokuler, pemandangan yang kita lihat kira-kira seperti ini:

bino salah.png

Sangat familiar bukan? Padahal, bagi orang yang pernah menggunakan binokuler (yang tidak rusak tentunya) akan sadar bahwa pemandangan yang terlihat seharusnya seperti ini:

bino benar.png

Meskipun kita melihat objek melalui dua buah okuler yang berbeda, gambar yang kita lihat hanya satu bulatan seperti di atas itu.

Jika gambar yang kita lihat tidak membentuk satu bulatan sempurna, artinya binokuler yang kita gunakan tidak terkolimasi dengan baik. Ini terjadi karena sinar yang melalui kedua sisi binokuler tidak sejajar. Sehingga, ya harus diperbaiki. Apalagi jika sampai seperti gambar yang di atas itu, sudah sangat parah. Menggunakan binokuler yang tidak terkolimasi dengan baik akan memaksa mata menjadi juling. Tidak nyaman.

Nah, masalahnya, penggambaran binokuler seperti dengan dua bulatan saling beririsan seperti itu sudah sangat lumrah digunakan di film, bahkan untuk sekelas film-film holywood. Saya yakin sebenarnya sang sutradara tahu bagaimana gambar pemandangan dari binokuler yang benar, tapi mungkin gambaran seperti itu tetap digunakan untuk memperjelas kepada penonton bahwa kita sedang ditempatkan di posisi pemakai binokuler. Ya memang jadi tidak realistis.

Kalau ada dari pembaca yang belum pernah mencoba pakai binokuler, semoga besok ketika mencoba pertama kali tidak protes, “Loh kok bulatannya cuma satu?”.

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s