Mengapa Kurva MC Memotong AC di Titik Minimum? Penjelasan Intuitif

Sebelumnya saya menulis tentang penjelasan matematis mengenai mengapa kurva MC memotong AC di titik minimum di sini. Berdasarkan statistik kunjungan, ternyata pos tersebut adalah salah satu pos paling banyak dicari di blog ini. Karena itu, saya akan memberikan penjelasan singkat yang lebih intuitif atas hal ini, karena penjelasan matematis itu saya kira tidak banyak menjawab rasa penasaran kita. Mari.

average-and-marginal-cost-5

Langkah pertama dalam memahami hal ini adalah menyadari bahwa kurva MC memotong kurva AC di titik minimum disebabkan karena jika MC lebih kecil dari AC maka AC turun, dan jika MC lebih besar dari AC maka AC naik. (Sehingga tentu saja jika MC sama dengan AC, AC tidak lagi turun dan belum juga naik, dengan kata lain, di titik minimumnya).

Nah mengapa hal itu bisa terjadi? Kita harus ingat arti MC dan AC. MC adalah biaya tambahan sementara AC adalah biaya rata-rata. Ketika tambahan lebih besar dari rata-rata, rata-rata akan terdongkrak naik. Sebaliknya, jika tambahan lebih kecil dari rata-rata, rata-rata akan terseret turun.

Agar makin mudah dipahami, bayangkan ada sepuluh anak yang rata-rata tingginya adalah 170 cm. Jika ada anak ke sebelas masuk ke situ dan tingginya kurang dari 170 cm, ia akan menyebabkan rata-rata tinggi menjadi kurang dari 170 cm. Sementara itu, jika si anak ke sebelas memiliki tinggi lebih dari 170 cm, tentu rata-rata tinggi dari sebelas anak itu menjadi lebih dari 170.

Nah, saya kira sampai di sini sudah sangat jelas.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s